Rabu, 22 Juni 2011

sistem konstruksi meintang.


Terdapat beberapa macam sistem konstruksi dalam kapal dan salah satunya adalah sistem konstruksi meintang.
Sistem konstruksi harus dapat menopang beban-beban yang bekerja padanya agar kapal dapt tetap berlayar sebagaimna mestinya.
Berikut terdapat beberapa penguatan yang dipasang pada Sistem Konstruksi Melintang.
Pada bagian Geladak.
Profil atau penegar yang mendukung kekuatan melintang adalah
  1. Balok Geladak dan pada umumnya dipasang setiap jarak gading atau pembujur.
  2. Balok Besar (Strong Beam) yang dipasang sesuai dengan jarak Gading Besar (Web Fream) atau dengan kata lain Balok Besar ditumpu Web Fream dalam sistim konstruksi ini.
  3. Kantilever.
Terdapat juga profil atau penegar yang mendukung kekuatan memanjang pada bagian geladak
  1. Penumpu geladak yang mana terdapat dua macam yaitu penumpu tengah dan penumpu samping.
Pada bagian Lambung Kapal
Profil atau penegar yang mendukung kekuatan melintang adalah
  1. Gading (Frame) atau biasa disebut gading biasa dan dipasang pada jarak-jarak tertentu.
  2. Gading Besar (Web Frame).
Sedangkan profil atau penegar yang mendukung kekuatan memanjang pada bagian ini adalah
  1. Senta Sisi (Side Stringger)
Pada bagian Dasar (Bottom)
Profil atau penegar yang mendukung kekuatan melintang adalah
  1. Wrang (Floor)
Sedangkan profil atau penegar yang mendukung kekuatan memanjang pada bagian ini adalah
  1. Penumpu Tengah (Cetre Girder)
  2. Penumpu Samping (Side Girder)
Jadi dapat dilihat bahwa pada bagian bawah terdapat wrang yang kemudian wrang tersebut menumpu gading baik Gading Biasa (frame) maupun Gading Besar (web frame) kemudian pada geladak ditumpu oleh Balok Geladak maupun Balok Besar dimana Gading Biasa (frame) ditumpu oleh Balok Geladak dan Balok Besar ditumpu oleh Gading Besar(web frame).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

G +

bookmark

  • Add to Facebook
  • Add to Twitter
  • Add RSS Feed
Powered By Blogger